Monday, November 22, 2004

Pallu Mara



Pernah dengar nama makanan ini? Hem...saya yakin pasti sedikit sekali (klo tak mau dibilang tak ada) di antara kalian yang pernah mendengarnya. Pallu Mara yang merupakan makanan khas makassar memang tidak seterkenal sop konro ataupun se-nasional Coto, tapi... tak ada satu pun rumah tangga di makassar yang tak pernah menyajikan Pallu Mara di meja makannya.



Masakan yang terbuat dari ikan ini sangat mudah membuatnya.Hanya merebus air asam, kunyit, garam dan sereh hingga mendidih, lalu masukkan ikan (yang sebelumnya telah direndam dengan jeruk nipis dan garam selama 5 menit) dan dimasak hingga kuah tinggal 1/2nya. Setelah itu masukkan bawang merah yang telah ditumis ke air asam rebusan ikan dan dimasak kembali hingga mengental, terakhir tambahkan cabai merah dan hijau. Mudah kan? Selain mudah, bahannya mudah didapat dan murah.



Keistimewaan Pallu Mara, selain pembuatannya yang mudah dan murah, juga cita rasanya yang asin, asam kecut & pedas hingga membuat nafsu makan bertambah (klo makan ikan asin biasanya nafsu makan kita meningkat kan?).



Keistimewaan lain, Pallu Mara termasuk makanan yang tahan lama dan semakin lama disimpan, cita rasanya akan makin lezat karena kekentalan dan kecutnya pun makin bertambah.Selain itu, klo bosan dengan Pallu Mara yang merupakan ikan yang direbus & berkuah, maka ikannya boleh digoreng. Tak perlu dibumbui apa-apa lagi. Rasanya? Dijamin lezat! Karena bumbu-bumbu yang disertakan waktu memasak Pallu Mara meresap sampai ke dalam ikannya. Itu sebabnya, para ibu di makassar cenderung mengolah ikan menjadi Pallu Mara sebelum disimpan untuk dibekukan di freezer.Y



ang teristimewa dari Pallu Mara karena makanan ini bukan hanya konsumsi golongan ekonomi menengah ke bawah tapi juga kalangan pejabat macamnya Jusuf Kalla. Kalau tak percaya, coba saja singgah ke rumahnya suatu saat ato paling tidak datang ke open house rumahnya waktu Lebaran, saya jamin, hidangan Pallu Mara pasti tersedia di meja makannya.

0 comments:

Post a Comment