Sunday, May 4, 2014

Visa Dubai Untuk Yang Terbang Dengan Emirates

Jadi...waktu ke Turki kemarin, salah satu travel-mate saya ngotot bahwa kami harus terbang dengan Emirates Air,walaupun Turkish Air lebih murah. Soalnya dia pengen transit beberapa hari di Dubai karena tiket transit terhitung "gratis".

Misalnya tiket Jakarta - (keluar transit di Dubai) - Istanbul harganya sekitar USD 1100-an. Mau terbang langsung Jakarta-Istanbul tanpa transit juga harganya segitu.
Dan ini jelas lebih menguntungkan dibanding terbang khusus Jakarta-Dubai yang mana harga tiketnya USD1100-an juga.
Makanya travel-mate saya ngotot kita berangkat pake Emirates. Kata dia, daripada besok-besok kita mau ke Dubai dan kudu ngeluarin USD 2000an buat tiket PP, ya mending sekarang aja singgah transit.
Masuk akal sih argumennya.

Lalu kenapa harus pake Emirates? Kenapa gak beli aja tiket Turkish Air misalnya dan request untuk transit di Dubai? Toh harganya bakal mirip dengan Emirates?
Alasan teman saya : "karena dia dengar kalo pake Emirates lebih gampang dapat visa Dubai-nya karena Emirates akan jadi sponsor." Denger kata visa yang gampang, kami pun langsung mengiyakan permintaan dia.

Saat tiket dan booking-an hotel sudah di tangan, sekarang saatnya bikin visa ke Dubai aka UAE. Dan dari hasil googling, saya gak nemu yang jelasin gimana caranya dapat visa Dubai kalo pake Emirates. Errrr.... (_ _")

Yang banyak infonya adalah cara apply visa UAE dengan jalur biasa. You know....surat rekomendasi kerja, fotokopi rekening bank, etc. Ish....saya kan males kalo kudu pake gituan. Akhirnya setelah baca section "Help" di website Emirates, saya pun dapat info kudu gimana.

Makanya sekarang saya mau bagi-bagi info gimana caranya daftar visa UAE kalo kamu terbang pake Emirates. Sebenernya caranya gampang banget. Dasar sayanya aja yang panik duluan. So...kalo kamu tipe yang riweuh kayak saya, boleh baca step-step di bawah ini.

Sebelumnya, dokumen yang kamu perlukan cuma ada 3 :
1. scan halaman depan passport (yang ada foto dan namanya)
2. scan halaman belakang passport (yang ada data alamat itu lho)
3. foto latar belakang putih ukuran passport. Nanti ada caranya kok untuk edit ukuran foto.\

Lalu masuk ke website Emirates dan ke seksi "Plan & Book" dan pilih "Manage A Booking".


Kamu akan diminta memasukkan "Last Name" yang dipake waktu booking tiket dan booking reference-nya. Tinggal masukkin aja sih.

Kalo udah masuk, tinggal ke bagian "Apply for Visa" dan ikutin step-stepnya. Nantinya akan diminta alamat emailmu. Lalu akan dikirimkan link untuk login ke suatu web dan isi form yang ada di web itu.

Nah di sini ini yang mau saya kasi tahu.
Saat kamu udah masuk ke halaman untuk apply visa, web-nya akan ngasi tahu syarat yang diperlukan. Selain 3 syarat yang saya sebut di atas, kamu juga akan diminta untuk kasi scan fotokopi rekening bank sebesar USD 8000 (minimal) ato bukti bahwa kamu punya rumah tinggal tetap di Indonesia misal kayak akta rumah ato surat kontrak rumah ato tagihan telpon ato tagihan credit card.

Pas baca syarat ini, bengonglah saya. Laaahhh....kok ribet? Katanya gampang? Katanya Emirates bakal jadi penjamin? Kalo bener kan mestinya saya gak perlu sediain rekening dan macam-macamnya. Setelah sibuk scan tagihan credit card, maka saya pun memberanikan diri untuk isi form.

Form-nya seperti layaknya bentuk form yang lain : panjang! :))
Selain biodata semacam nama, tempat tanggal lahir, alamat, dll, saya juga ditanya tentang pekerjaan, pendidikan terakhir, dan alamat kantor. Standarlah pokoknya.
Habis isi form, masuk ke halaman 2 yang meminta untuk mengupload dokumen.Ada 3 kolom yang wajib diisi yaitu scan passport depan dan belakang serta foto.
Udah itu aja.
Semacam tagihan telpon, rekening, dll gak diminta tuh. Keki banget dong saya. >.<

Abis itu, diminta masukkin nomor credit card dan cvc-nya. Soalnya biaya visa akan dibayarkan dari credit card. Daann....selesai.
Nanti akan dikirimkan email kalo pembayarannya udah diterima dan akan dihubungi paling lambat dalam 4 hari masa kerja.

Pengalaman saya kemarin sih, cuma 1x24 jam aja udah dapat visanya via email. Entah memang biasanya begitu ato saya lagi beruntung. :)

Setelah melihat bentuk visa-nya, saya baru ngerti kenapa dibilang kalo Emirates bakal jadi penjamin. Emang bener kok. Di visa nya tertera kalo Emirates jadi sponsor kita. Itu sebabnya daftar visa kudu lewat web Emirates.
 
Sebenernya gak cuma Emirates yang menyediakan diri jadi sponsor kalo mau ke UAE. Etihad airways juga bisa kok. Kalo mau baca gimana cara urus visa ke UAE via Etihad, silakan baca di sini : Jalan2Liburan.

Oya...saya belum nyebut harga visa-nya.
Visa turis di UAE itu terbagi 3 : visa transit maksimal 96 jam, visa turis 30 hari dan visa visit maksimal 90 hari. Harga per April 2014 adalah sebagai berikut :


Saya jelas ngambil visa transit yang 96 jam dong.
Yak....jadi gitu caranya daftar visa ke UAE. Mudah-mudahan gak ada lagi yang bingung dan riweuh kayak saya :))



9 comments:

Muhamad Refky Kamajaya said...

Mbak, infonya bermanfaat banget karena saya kebetulan lagi cari-cari info tentang pengalaman urus visa UAE melalui Emirates.
Tapi sayang fotonya nggak ada yang muncul.
Kalau tidak keberatan, apakah bisa Mbak upload ulang?
Terima kasih, Mbak :D

A.S. Dewi said...

@Refky : udah diupdate kok. makasi udah dikasi tahu

Muhamad Refky Kamajaya said...

Terima kasih juga sudah diupload ulang gambarnya :)

Thoms Gabe said...

Mas, saya juga mau pulang dari jerman ke indo lewat dubai n di dubai transitnya 13 jam. Trus tadi malam ngurus transit visa.. tapi mereka minta nama hotel ato contact. Nah gimn tuh.? Kan transit 13 jam gk butuh hotel sama sekali... bisa bantuin.?

赖周璇 said...

Mbak nanya dunkz.. mksdnya observation page it APA yah? Sy GE apply visanya. Tp dimintaiin ITU trus.

Anonymous said...

Mbak Dewi Makasih ya Infonya, sangat berguna waktu saya mengurus visa ke dubai bulan lalu, semua step nya saya ikutin dan ternyata berhasil :) makasih @adejamil83

Travel Keren said...

Wah keren nih infonya. makasih banyak ya sangat membantu, kebetulan mau ke dubai

Manfaat Buah Alpukat said...

Waduuh kepengen ey ke dubai, kapan ya?
makasih mba Dewi, udah kasih info bagus

lisa said...

Wah makasih info nya mbak, saya mau nanya nih untuk pengajuan visa lewat emirates yang 96 jam itu bisa apply nya paling cepet kapan ya? apa bener harus tunggu paling cepet itu 30 hari sebelum? Terima kasih =)

Post a Comment