Sunday, October 17, 2004

Dedicate to my lovely father







Waktu naik haji tahun 1994, di kota mekkah, papi pernah bermimpi diajak pergi oleh 2 pria yang berpakaian serba putih. Saat itu papi minta diberi waktu karena anak-anaknya masih kecil. Setelah ke2 pria itu berunding, mereka setuju memberi papi waktu.



Tahun lalu waktu umroh, di kota yang sama, papi mengalami mimpi yang sama. Kali ini papi minta diberi waktu karena katanya masih ada urusan yang mau diselesaikan. Pria itu setuju dan mempersilahkan papi menyelesaikan urusannya. Gak ada yang tau apa maksud papi dengan urusan itu, tapi kemungkinan besar yang dimaksud adalah renovasi rumah depan. Karena waktu tahun lalu, rumah itu memang baru mo direnovasi.



Dan sekarang, mungkin Allah SWT menganggap urusan papi sudah selesai karena papi sudah pergi sekarang (16 Oktober 2004).



Mungkin papi udah tau kali ya, karena papi ternyata dah minta maaf ke rekan-rekan kerjanya maupun keluarganya. Minta maaf nya dalam rangka memasuki bulan ramadhan sih, tapi.....papi tipe orang yang minal aidzin-an dekat-dekat waktu, dan bukannya seminggu sebelumnya. Waktu gua tanya kenapa cepat banget, papi bilang : "Lho? Kalo bisa sekarang ya sekarang lah. Kenapa musti ditunda? Daripada nanti udah gak bisa minal aidzin-an lagi."Trus papi juga udah mengubah status rumah jadi milik pribadi. Waktu mami nanya kenapa gak entar - entar aja, papi bilang :"Klo misalnya saya udah gak ada nanti, minimal kan kamu dan anak-anak punya rumah."



Saat ini, gua cuma bisa mengenangnya. Dalam kenangan gua, papi gak pernah marah. Klo kita melanggar aturannya, biasanya dia cuma menghembuskan nafas dan menegur. Tegurannya selalu tenang tapi sampai ke sasaran. Itu kemampuan khas papi. Walau begitu, papi juga pandai melucu. Joke-nya selalu bisa bikin semua ketawa. Dia juga selalu nurutin maunya anak - anaknya. Papi selalu bilang klo papi cari duit tuh buat anak dan istrinya,jadi gak ada istilah pelit segala macam. Klo ada yang kita mau, kasi tau aja. Insya Allah, papi bakal penuhi. Ah...papi selalu terlalu baik.



Papi dan anak-anaknya punya kebiasaan cipika cipiki klo ketemu, bahkan di tempat yang ramai sekalipun. Akibatnya nih kebiasaan jadi tersebar luas di kalangan orang sekitar. Klo misalnya gua main ke Tugu, trus dari kejauhan liat papi jalan, orang sekitar (mulai dari cleaning service sampai suster - dokter), bakal langsung bilang : "Tuh sana wi, cium papi-nya." Biasanya sih gua cuma cengengesan aja, tapi cipika cipiki nya tetap jalan lah.



Waktu kecil dulu, kalo anak-anak lain mengidolakan batman ato superman, gua sih mengidolakan papi. Buat gua, beliau adalah superdad. Hehehehe...gua gak anggap diri gua aneh sih soalnya rizal juga kayak gitu. Trus waktu SMP, di mata pelajaran BK, sering disuruh wawancara orang yang dikagumi, yang gua pilih pasti papi. Guru gua ampe bilang : Wi, kamu itu entah terlalu malas cari orang lain ato father complex sih? Gua sih cuma cengir doang, wong dua-duanya bener kok. Terus waktu di LIA disuruh bikin karangan tentang "Your Biggest Idol" pasti dah bisa nebak kan siapa yang gua jadiin topik??? Sayang beliu dah gak ada sekarang



Papi juga teman curhat utama. Klo gua ngerasa gak bisa (ato belum bisa) ceritain masalahnya ke teman gua, maka gua akan cerita ke papi - mami duluan karena mereka yang paling bisa dipercaya. Papi juga teman diskusiin bola, teman ngobrolin internet , komputer dan pernak perniknya, lawan debat yang seru buat bicarain politik, dan pusat informasi segala macam hal, mulai dari peristiwa sejarah macam perang dunia sampai harga sekilo telor asin saat ini. Selain itu, papi juga pembimbing dalam hal agama, orang yang ngajarin gua sholat dan sangat menekankan keutamaan sholat 5 waktu. Dia mengajarkan pentingnya integritas dan harga diri. Papi juga mengajarkan pentingnya punya impian, karena menurut Papi itulah yang membawanya sampai saat ini. Juga, karena terlalu terpengaruh sama papi, makanya gua tertarik kuliah di kedokteran.Di atas semua itu, papi adalah orang yang paling gua sayang dan penenang hati yang paling TOP.



Walau begitu, papi udah enggak ada sekarang. Dia pergi terlalu cepat dan terlalu tiba-tiba. Bayangin aja , jam 2 gua masih sms-an, eh jam 5 gua dapat kabar beliau sakit. Dan sejak itu , gak pernah bangun lagi. Tapi walau gua sangat kehilangan, gua udah bisa ikhlaskan kepergiannya. Allah lebih sayang sama dia. Insya Allah.

Didoain semoga papi diterima di sisi-Nya dan mendapat tempat terbaik ya.



PS : ada yang lucu deh. Waktu pemakaman papi, Alhamdulilah anak-anaknya tenang semua. Gak ada yang menjerit bahkan memangis juga enggak. Lah yang lucu, kok ya orang - orang pada mikir mami punya ilmu sampai anak- anaknya bisa tenang. Masya Allah, di jaman kayak gini kok masih percaya kayak gitu sih.Trus ehm...bahasa gua kacau ya! Sebodo deh! Lagi gak pengen musingin tata bahasa.





0 comments:

Post a Comment