Tuesday, October 26, 2004

Uang Kaget

Tau kan nama reality show ini? Acara ini digagas oleh Helmy Yahya. Cara kerjanya simple, pihak Uang Kaget akan memberi uang senilai Rp 10 juta dan si penerima berhak membelanjakannya untuk apapun dalam waktu 30 menit. Bila sampai batas waktu uang 10 juta itu belum habis, maka sisanya akan diambil kembali oleh produser. Sementara barang yang sudah didapat menjadi hak si penerima uang.

Yang bagus dari acara ini orang yang dipilih oleh pihak "Uang Kaget" adalah mereka yang memang sangat membutuhkan.Menarik melihat ekspresi para peserta nya ketika mendapat rejeki nomplok sebesar itu. Tapi saya khususnya paling tertarik dengan peserta hari ini. Namanya Pak Musa, seorang pemilik warung kecil. Akhir- akhir ini dagangannya kurang laku,bahkan untk makan sekali sehari pun susah, tapi toh dia tetap optimis. Bisa dibayangkan girangnya Pak Musa ketika dia mendapat uang kaget.

Setelah berhamdalah dan sujud syukur, dengan uang tersebut dibelinya tv, beras 2 karung, gelang emas untuk istrinya, 5 permadani dan barang-barang lainnya. Yang menarik perhatian saya ialah 5 permadani itu. Apa gunanya barang seperti itu untuk dia? Dan kenapa musti lima? Ternyata setelah ditanyakan, pak Musa menjawab polos :" Karpet itu buat disumbangkan ke masjid kampung, abis selama ini gak punya karpet. Kan klo dapat rezeki musti dikeluarkan zakatnya."

Saya terpana mendengar alasannya. Baru kali ini ada peserta yang ingat untuk beramal. Subhanallah, dalam kekurangannya, dia masih bisa berzakat. Sungguh saya salut. Sementara kita yang (alhamdulilah) lebih berkecukupan sering kali malah lupa. Malu rasanya !

0 comments:

Post a Comment