Friday, December 17, 2004

Bengawan Solo..riwayatmu itu...

Sedari dulu...naik itu perahu...



Pasti semua juga tahu lirik di atas adalah penggalan lagu Bengawan Solo. Salah satu lagu lama Indonesia yang sangat meng-internasional. Diperdengarkan di berbagai tempat terkemuka atau pun festival bergengsi di manca negara.

Lagu itu juga telah mengangkat nama Gesang, sang penciptanya. Salah satu musisi berharga Indonesia yang begitu berdedikasi pada dunia musik yang dicintainya. Salah satu saksi hidup negeri ini sejak zaman perjuangan dulu dan masih menuangkannya dalam syair lagu - lagunya. Dedikasi dan kecintaannya pada dunia musik juga bukan main. Bayangkan, di usianya yang ke 85 tahun, dia masih masuk dapur rekaman, sehingga MURI menobatkannya sebagai orang tertua yang masuk dapur rekaman. Walo sejujurnya, saya agak susah ngeliat dimana bagusnya lagu Bengawan Solo itu, tapi saya bisa menghargai apresiasi tinggi yang layak didapatkannya. Dan karenanya kagum dan salut pada penggubahnya.

Malam ini ( 16 Desember 2004), Pak Gesang mendapatkan Legend Award dari penghargaan AMI Samsung Awards 2004. Yap, sungguh suatu pilihan yang tepat untuk memilih beliau. Dan makin senang lagi sewaktu melihat orang - orang standing applause untuknya. Suatu cara penghormatan tertinggi yang bisa kita lakukan untuk orang seperti beliau (walah masih jauh di bawah yang layak didapatkannya).

Dengan batik sederhana dan kebersahajaan yang tak pernah lepas, Pak Gesang menerima penghargaan itu. Dan senyum yang merekah di wajahnya adalah pemandangan yang tak akan saya lupakan.

Selamat, Pak! Teruslah berkarya untuk negeri ini. Dan terima kasih untuk semua yang telah Anda berikan.

0 comments:

Post a Comment