Thursday, December 16, 2004

Children's Earth

Children's Earth (atau yang biasa disingkat C's E) diawali oleh sekelompok remaja iseng yang secara tak sengaja teringat akan teman - teman yang tidak seberuntung mereka akibat krisis yang terjadi. Dan sejak itu, berbagai macam cara ditempuh mengumpulkan dana demi mewujudkan cita - cita. Mulai dari kerjaan umum macam jualan alat - alat tulis ato makanan sampai ke kerja kasar jadi cleaning service ato tukang cuci piring. Yang cowoknya lebih gila lagi lho! Mereka pernah jadi kenek metro mini dan kuli pelabuhan. Terus juga, diadakan saving perhari Rp 1000,- untuk para anggotanya.

Setelah terkumpul dana yang mencukupi ditambah bantuan para donatur (big thanks banget buat para donatur), maka dibangunlah sebuah warnet, stationery shop + fotokopian, dan rental komputer. Sebenarnya niat awalnya sih dana yang terkumpul mo dipake buat produksi kaset yang isinya tentang lagu - lagu humanity (berhubung pembentukan C's E terinspirasi dari lagu Heal The Worldnya Michael Jackson) tapi kemudian kita baru nyadar , klo kayak gitu mah namanya membajak ya. Jadi ya bikin usaha lain deh.

Keuntungan yang didapat disalurkan kepada yang membutuhkan, dalam hal ini fokus C's E adalah anak-anak jalanan dan putus sekolah. Sebenarnya sih impian jangka panjang kita supaya anak-anak itu gak perlu turun ke jalan lagi, tapi sekarang sih masih susah. Paling yang kita bisa cuma mempekerjakakan mereka di warnet dan toko.

Program C's E ini semacam Gerakan Kakak Asuh. Jadi, selain membantu membayarkan biaya sekolah, para anggotanya juga diwajibkan akrab dan berinteraksi dengan anak - anak asuhannya. Karena itu sebulan sekali diadakan acara jalan bareng seluruh aparat (???) yang tergabung dalam C's E. Yah paling cuman nonton ato makan bareng sih. Klo pas lagi musim libur biasanya bisa ke Dufan. Sayangnya sejak kuliah di Bandung, saya udah jarang ikut acara jalan ini.

Sejauh ini, C's E baru bisa punya 14 anak asuh SMP, 5 SMU dan 3 yang kuliah. Sebenarnya sih pengen nambah, apa daya dana gak mencukupi. Soalnya, Insya Allah mo diusahain yang ke-14 anak SMP itu bisa sampe lanjut kuliah.Desember ini, C's E memasuki ultahnya yang ke-5.

Alhamdulilah,ternyata udah nyampe sini perjalanannya. Walopun 5 taun masih terhitung muda (kalo anak kecil paling baru bisa membaca), tapi kami bersyukur seenggaknya mampu bertahan. Untuk selanjutnya, mohon bantuan doa dan (terutama) dananya ya.

Sebenarnya masih banyak cita - cita dan impian C's E yang masih sebatas mimpi. Antara lain pengen bikin dompet, kartu, dan apa aja yang berlogo C's E (hehehe...mo nyaingin Unicef ceritanya *ngaco* >-<), terus bikin kaset humanity cuman kali ini yang resmi (hehehe...masih keukeuh) dan juga ya yang simple pengen do something better.

Satu hal yang pasti, kita nyadar kita gak bisa jalanin ini sendirian. Kita masih butuh dukungan, perhatian, dan simpati from anyone around us. Berminat membantu? Aww..makasih. Just contact us.



Children's Earth
cause
We Can't Do Everything For Every People Everywhere
But
We Can Do Something For Some People Somewhere

0 comments:

Post a Comment