Thursday, December 2, 2004

From Indra To Indri



Waktu masih tinggal di Priok dulu, mami punya teman yang biasa saya panggil Tante Ratna. Tante Ratna sering main ke rumah membawa serta ke-3 anaknya : Indra, Irvan & Ira. Karena sering bertemu, sudah pasti kami main bersama & menjadi akrab. Di antara ketiganya, saya paling dekat dengan Indra.

Waktu masuk SMP, keluarga kami pindah rumah ke Bekasi. Jauhnya jarak membuat berkurangnya frekuensi kedatangan ke rumah. Hingga pada akhirnya terhenti sama sekali. Mami udah usaha nyari keberadaan Tante Ratna, tapi ternyata mereka sudah pindah rumah. Gak ada tetangga yang tahu alamat baru atopun nomor telponnya. Dan kami pun kehilangan jejak mereka...

Di SMU, saya sempat sih dengar sas-sus tentang Indra & keluarga, tapi saya anggap sepi aja.

Waktu saya mudik ke Jakarta libur lebaran kemarin, saya ketemu Tante Ratna di rumah. Gak jelas gimana caranya, pokoknya mami berhasil menemukan keberadaan Tante Ratna & mengundangnya ke rumah.

Nah ceritanya, sehari sebelum lebaran, saya & Risma berniat ke salon. Tapi salon langganan kami rame banget hari itu. Heran...banyak banget sih orang yang mo bergaya baru menyambut lebaran (hehehe...kayak yang sendirinya enggak aja).Tante Ratna memberi solusi agar kami pergi ke salonnya si Indra. Saya heran sendiri. Indra?? Buka salon?? Kok kayaknya gak cocok ya....

Tapi Tante Ratna cuma memberikan saya nomor HP-nya Indra & menyuruh saya menelpon sendiri sekalian tanya alamat salonnya.Waktu bicara dengan Indra di telpon, firasat saya sudah gak enak. Jangan-jangan sas-susnya benar nih? Agak deg-degan juga!

Dan kekhawatiran saya terbukti setibanya saya di salon. Setelah saya bilang ke resepsionis kalau saya sudah punya janji dengan Indra & disuruh nunggu, tiba-tiba dari dalam keluar satu sosok yang berlari-lari kecil dengan antusias sambil langsung memeluk saya.

Bukannya balas memeluk, saya terbengong - bengong menatapnya. Ini nih Indra temen saya? Rambutnya panjang sepunggung. Dia juga pake bedak & lipstik. Duh kalah feminin deh! Saya aja gak dandan kok. Sewaktu saya melirik ke dadanya...ups...ada (maaf) payudara-nya. Dan yang lebih parah, namanya sekarang berubah jadi....INDRI!!!

Yap! Benar sodara-sodara! Teman saya itu berubah jadi she male alias waria.

Indra ,yang sekarang berubah jadi Indri, sepertinya gak nyadar dengan keterpanaan saya. Digenggamnya tangan saya masuk ke dalam salon. Dan pemandangan yang saya liat langsung bikin lemas. Maaakkk .......ternyata di salon itu, dari pemilik sampe kapster/hairdresser (whatever its name lah) , kecuali resepsionis di depan, adalah SHE MALE!!! Kalo kayak gini batal deh niat mo hair spa. Biarpun secara kejiwaan mereka cewek tapi tenaga & body kan tetap cowok. Dan saya paling risih kalo dipijat sama cowok (wong sama cewek juga risih kok). Creambath juga gak bisa! Berarti yang bisa cuma hair mask deh. Yah mo gimana lagi?

Sambil memasker rambut saya, Indri (panggil gitu aja deh) bercerita banyak tentang dirinya. Ternyata, dulu dia sempat mangkal di perempatan coca cola. Awalnya sih dia cuma modal rambut panjang doang. Trus setelah ngumpulin duit, dia suntik estrogen buat numbuhin (maap lagi) payudaranya. Ceritanya berlanjut dengan kemarahan bapaknya dengan tingkah lakunya. Bahkan sampe diusir segala. "Ya udah deh! Karena diusir, gue sekalian aja kabur ke bandung. Kata temen gue, di sana peluang bisnis lebih bagus. Gue "jualan" di jalan sumatera sama alun - alun . Di sana lebih enak lho, nek! Lekongnya cuco! Mana pada royal lagi. Tipsnya lebih gede bo daripada jakarta!" celotehnya dengan nada riang & meliuk-liuk. Dan saya mengakui kebenaran semua sas-sus yang pernah saya dengar dulu itu. After that, ceritanya berpindah ke karirnya di dunia salon yang sudah 3 tahun. Katanya sih ini buat kerjaan tetap. "Yah..sekarang sih gue masih muda, masih cantik. Banyak yang mau. Tapi ntar kalo tua gimana?" tanyanya retoris dengan nada bicara yang masih meliuk, kali ini malah ditambah goyangan pinggul.

Pokoknya panjang deh klo mo diceritain apa aja yang diobrolin Indri, sampai ke curhat dia soal cowoknya & kemudian konsultasi kesehatan genitalia. Ampun deh!!!

Selama pembicaraan, saya masih takjub aja ngeliat dia. Memang, Indri bukan teman she male saya yang pertama. Teman saya lumayan banyak yang transgender juga. Malah sudah 4 tahun ini, tiap tahunnya saya ikut datang ke halal bihalal Lebaran yang diadakan oleh Ikatan Waria Indonesia ato Persatuan ato apapun namanya itu (soalnya yang bertugas bikin undangan itu teman saya sih)

Tapi cuma Indri yang saya kenal sewaktu masih jadi cowok asli. Terbayang dia yang dulu. Abang kedua yang selalu ngelindungin, teman yang solider, yang selalu ikut berantem sama Gotcha melawan gengnya Dodi, juga lawan tanding karate yang tangguh. Saking tangguhnya, kalo ada yang bisa mengalahkan dia waktu ujian kenaikan tingkat, langsung dicap sebagai lulusan cum laude.

Sekarang?? Kok jadi lebih feminin dari saya sih?

Tanpa terasa, rambut saya selesai dimasker & sudah saatnya pulang. Dan sampe akhir, pertanyaan terbesar dalam benak saya tetap tak terjawab. "Apa yang mendorong dia berubah jadi kayak gini?" Sayangnya dia gak cerita. Nanya langsung aja? Ah...cari waktu lain lah!

0 comments:

Post a Comment