Saturday, January 22, 2005

Oden ... Oden ...



Oden adalah satu dari sedikit makanan korea yang gua suka dan lumayan sering gua bikin. Abisnya simpel sih, plus bisa sekalian memanfaatkan persediaan di kulkas. Apalagi, akhir - akhir ini jatinangor sering banget ujan , jadi enak aja dalam cuaca dingin gitu makan makanan yang berkuah dan hangat macam oden....



Basically oden itu adalah sup lobak dan baso ikan.

cara masaknya :

1. Baso ikan dipotong -potong .. selain itu juga bisa pakai fish cake, dan juga baso ikan goreng.

2. Potong-potong tahu (any kind that you like, tapi gua sukanya pake tahu putih)

3. Terus (walo mestinya gak perlu) gua juga suka pake telor puyuh, wortel, ayam fillet,crab, dan kembang tahu, bahksan sometimes ekkado (klo pas ada di kulkas). Jadi terserah mau ikut pake atau enggak

4. Lobak dibersihkan, kupas dan potong-potong (jangan terlalu kecil). Karena rebus lobak itu paling lama, harus direbus dimuka antara 45 menit -1 jam lamanya. Lobaknya direbus di : air + kaldu ikan (yang instant juga bisa) + kecap asin jepang + sedikit mirin (kecap manis jepang) kalo gak ada ganti gula + (mustinya sih pake sake ato arak, tapi berhubung gak doyan maka gua pake) lada, yang rasanya jelas jauh dibanding sake tapi enak buat lidah gua.

5. setelah lobak matang (kalo lobak matang jadi lembek n warnanya rada transparan, kalo mentah putih dan keras) , baru masukan bakso ikan, tahu dst dst ...

6. setelah semua matang tinggal ditaburi daun bawang dan nori (seaweed) diatasnya (klo gak punya nori ya gak usah). Dimakan dengan saus sambal sambil bergulung selimut tebal. Nyummy!

1 comments:

Syahrani AR said...

Kapan2 bikinin gue yahh :D

Post a Comment