Saturday, January 15, 2005

(Sok) Heroik-nya Orang Kita



Kadang gua ngerasa, orang kita nih pengen banget ya disebut pahlawan. Sebagai contoh ya waktu FFI kemarin. Ada aja yang dengan heroiknya ngomong dengan berapi - api :" Selama saya masih bernafas, tak akan saya biarkan perfilman Indonesia mati". Ato "Saya akan membaktikan hidup saya demi kemajuan film Indonesia".Tekad yang bagus sih, tapi perlukah diucapkan dengan berapi - api gitu ? Disimpan dalam hati aja apa susahnya?



Klo contoh yang baru - baru ini, waktu terjadi bencana tsunami di Aceh. Liat lah di tv. Banyak banget tuh yang nyumbang dan menuliskan namanya dengan lengkap dan jelas. Gua sih lebih salut sama mereka yang nyumbang dikit (biar cuma 1000 sekalipun) tapi milih No Name daripada mereka yang nyumbang gede dan dinamanya ditulis selengkap - lengkapnya. Malah klo perlu ada acara penyerahannya segala, yang diliput oleh stasiun tv dan disiarkan nasional.



Seorang kenalan yang turut menyumbang beralasan : "Abis kapan lagi nama kita bisa masuk tv? Kan lumayan ngeliat nama kita ditulis di sana." Duile...so what gt lho klo masuk tv? Berapa persen sih orang yang nyadar? Gua aja klo gak dikasi tau ama dia, gak bakal tau tuh ada namanya.



Eh denger kalimat gua, dia langsung menangkis. "Gak lho dek. Ada beberapa teman saya yang nelpon dan bilang : Pak X, tadi saya liat namanya di daftar penyumbang. Wah hebat ya pak nyumbang segitu! Aduh kok nama saya belum ada ya?"



Yeeee.....klo gitu mah kembali lagi ke sifat sok hero itu dong (eh ato pamer ya?). Aneh aja gitu lho. Walo bagus tapi perlukah tindakan sosial seperti itu diumumkan? Mang apa lagi sih yang didapat? Selain beberapa ucapan selamat yang pura-pura tulus tapi ternyata punya maksud tersembunyi (kayak teman Pak X di atas yang maksudnya mo ngasi tau pak X klo dia juga nyumbang) ato pandangan sinis dari beberapa orang (kayak gua contohnya).



Hehehe...kenapa juga ya gua peduli? Itu kan suka - suka dia. Yah gua cuma tergelitik aja gitu lho!



0 comments:

Post a Comment