Tuesday, January 11, 2005

A Secret Just Unfolded







Sekitar hari senin ato selasa yang lalu (gak ingat pastinya), gua dapat sms yang lumayan bikin kaget. "Wi, gua shock berat nih. Tina cerita klo dia sering iseng make "service". Buat selingan aja klo lagi bosen sama pacarnya. Trus dia ngasi gua nomor-nomor contact yang biasa dia hubungin. Ada 1 yang dia bilang : TOP banget! Dan dia paling sering "main" sama yang ini. Ceritanya kan gua lagi iseng. Jadi gua call deh nomor favoritnya Tina itu. Dan loe kebayang gak gimana kagetnya gua waktu yang nongol ternyata...BAYU!!! Asli gua kaget banget dah." Sender : Inon







Yah, gua juga kaget sih. Tapi dengan alasan yang berbeda. Jadi smsnya gua balas : "Pertanyaan gua sih : ada angin apa loe perlu spesial service?" Yup. Buat gua sih, itu hal yang lebih mengherankan daripada side job-nya si Bayu yang baru terungkap itu. Gak tau gimana, berita tentang side job-nya Bayu menyebar luas ke teman-teman yang lain. Beberapa ada yang nanya ke gua buat memastikan kebenaran cerita. Heh? Mana gua tau lah? Ada lagi yang lebih nekat : minta gua nanya ke Bayu buat konfirmasi. Hah? Yang bener aja? Mang sapa gua? So untuk 2 tipe sms itu biasanya gua jawab : "Waduh sorry! Gua gak tau apa-apa dan males nyari tau. Mending loe nanya langsung aja ke yg bersangkutan". Dan dasar emang anak-anak gokil, ditanyain beneran lho!!! Tapi gak tau sih apa jawaban Bayu. Gak mo ngurus ah. Itu urusan pribadi Bayu.







Eh ternyata, tadi pagi, gua malah nerima telpon Bayu. Awalnya sih gua dah lupa soal side jobnya itu, makanya waktu Bayu nanya gua rada bego. "Wi, rasanya hampir semua anak udah nelpon gua buat nanya. Loe enggak?"

"Hah? loe ngomong paan, Bay?"

"Lho? Masa loe gak tau? Yang gua denger, Inon pertama cerita ke loe."

"Oh!" Baru deh gua inget, "Maksud loe that gigolo thing? Terus kenapa?"

"Hah? Kok kenapa? Loe gak heran, gak kaget, gak bertanya-tanya? Gak jadi yang sok suci?" cecar Bayu sinis.

Hem? Kening gua berkerut juga denger pertanyaan terakhir dia. "Heran sih. Tapi gua lebih heran dengan fakta Inon perlu service kayak gitu. Rata-rata klien loe pastinya tipe tante kesepian kan?"

"Gak juga sih," sela Bayu. "Ada juga istri yang gak pernah orgasme & pengen ngerasain ato perawan yang penasaran gimana rasanya ML. Tapi loe gak jadi yang sok suci nih? Bertanya kenapa gua tersesat?"



Duile nih anak! Masih sinis aje, batin gua. "Sok suci paan sih? Ada yang judge loe ya? Yang gua tau, loe itu anaknya baek. Asyik dijadiin temen. Dan cuma itu yang penting. Gak peduli loe itu orang kantoran biasa ato gigolo. Mucikari juga gak masalah. Yang penting loe ya tetap loe lah. Soal tersesat sih..."gua menggantung ucapan sesaat. "Mang itu tersesat ya? Ah gak tau deh. Gua bilang sih itu urusan loe. Gua gak mo ngurusin orang lain, apalagi klo orang itu gak ngerugiin. Lain cerita klo orangnya minta bantuan gua."







Bayu diem lumayan lama, ampe gua kirain telponnya udah mati ato dia tidur (bosen kali denger gua ngoceh panjang lebar ). Baru aja gua mo manggil, tau-tau dia cerita panjang lebar. " Yah sebenarnya sih, gua dah lumayan lama profesi kayak gini. Sejak kuliah dulu lah.Gara-gara kondisi keluarga. Loe tau kan, nyokap gua janda, sakit-sakitan lagi. Adek gua ada 7 dan belum ada yang bisa mandiri. Gua malah yang biayain kuliahnya adek gua yang nomor 2 dan 3. Tapi gua biayain kuliah mereka pake gaji kantoran gua lho. Gua juga gak mau seterusnya kayak gini. Niat gua klo tabungan gua dah cukup, gua mau pensiun."



Wah terharu! Gak nyangka niatnya baek gitu (walo caranya salah sih). "Wi.." panggil Bayu tiba-tiba. "Kok diem? Loe lagi terharu ya? Ampe nangis gak?" Sial!! Kok dia tau sih?

"Wi..." panggilnya lagi. "Tadi loe bilang klo orangnya minta loe mo nolong. Mo nolong gua kan? Tolong donk cerita gua tadi loe ulang sama anak-anak lain."

"Hah? Apa kata loe? Kenapa gua jadi kebawa?" protes saya. Buset dah! Masak iya musti gua yang cerita ke anak-anak?





"Ya tolong lah. Kasian tuh anak-anak. Pada penasaran soalnya telpon dan sms mereka gua cuekin kemaren-kemaren. Sekalian bilang jangan pada sok suci gitu deh. 80% cowok pernah jual diri kok. Biasanya mereka gitu karena mo beli barang apa gitu, rata-rata sih handphone ato aksesorisnya komputer. Soalnya kita kan bukan cewek yang punya selaput yang musti dijaga. Cuma mereka lakuin gitu sekali dua kali, makanya disebut jual diri. Sedangkan gua yang ngelakuin lebih sering dan secara teratur disebutnya gigolo."





Oh gitu toh. Baru gua ngerti kenapa dari tadi dia nyebut-nyebut sok suci mulu. "Uhm Bay, loe ngarepin gua cerita panjang lebar gitu ke anak-anak?"

"Iya. Tolong lah. I owe you for this. Janji deh, klo ntar someday loe butuh service gua,bakal gua layanin. Gratis pula! Biarpun gua dah pensiun!"

"MUKE GILE LOE!!!" teriak gua spontann. Dan dibalas dengan ketawa ngakak dari Bayu.





"Ya udah, segitu aja Wi. Gua mo ngantor dulu. Tolongin ya! Tar klo ada yang nanya, lgs gua kirim ke loe aja. Pokoknya loe Te-o-pe dah! Sayang si Rizal temen gua jg sih, klo gak udah gua samber deh loe. Dah dewi!"

Dan telpon lgs ditutup .Dementara Joan yang tau duduk masalahnya cuma geleng kepala dan comment "Pergaulan loe itu beragam banget sih! Dari yang kiyai macam Gofur sampe yang ini." Hehehe...gua cuma bisa nyengir. Pan enak punya teman dari berbagai golongan, bisa nambah pengetahuan.





Dan akhirnya gua cuma bisa ngetik di blog ini aja deh. Sekalian meneruskan amanat si Bayu. Gua bertanya-tanya, patutkah kita menjudge seseorang? Mang sapa kita? Dia toh punya hak buat milih cara hidup dia. Dan klo loe cuma bisa judge tapi gak ngelakuin apa-apa buat dia, mending loe diem aja. Jaminan apa klo loe di posisinya si Bayu, loe gak bakal ngelakuin hal yang sama?



PS : Nama-nama di atas bukan nama asli (kecuali nama gua). Maap klo ada yang kebetulan sama. Itu gak disengaja kok. Dan buat kalian yang temennya Bayu (dan suka lurking di sini), u know his reason now. So just leave him alone

1 comments:

bahtiar said...

cerita yang menarik ...

:)

Post a Comment